Cloud Hosting Indonesia

Senin, September 13

Guna Tingkatkan Mutu Pendidikan Ketrampilan Puluhan SMK se Kabupaten Brebes Siap Menjadi LSP

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Puluhan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) di Kabupaten Brebes dalam waktu dekat  dipersiapkan  menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi  (LSP).

Hal ini di sampaikan  M. Fauzan MT selaku ketua Panitia diklat sertifikat lisensi BPSP di Hotel Anggraini  Bumiayu, Senin (13/9).

Dikatakan Fauzan  dari hasil musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) masing sekolah diwakili guru sesuai bidang jurusanya untuk mengikuti diklat Sertifikat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Peserta tersebut yang berjumlah 23 guru jurusan Otomotif sepeda motor, Audio computer jaringan bisnis pemasaran dan Akutansi keuangan selama 4 hari diantaranya
 digelar di Hotel Anggraini selama 3 hari dan terakhir di gedung SMK Muhammdiyah Satu (Mutu) Bumiayu.

"Kegiatan yang diikuti 23 guru  tersebut bakal bisa menguji dan mengeluarkan Sertifikat Kompetensi untuk peserta didiknya," ujar Fauzan .

Lanjut Fauzan, Sertifikat Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK itu bisa diakui dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil, dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kedepan mereka sah  melaksanakan kompetensi kerja terhadap peserta didiknya.

Sementara Mulya Budi selaku nara sumber diklat dari BNSP memaparkan pada dasarnya sebagai pemegang mandat untuk pelaksanaan sertifikasi dapat memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi yang memenuhi persyaratan.

Lembaga diklat lembaga yang sudah mendapat lisensi sebagai LSP tetap dimonitor oleh BNSP untuk memastikan lembaga itu bekerja sesuai dengan ketentuan yang ada.
 
Dan sebagai konsep LSP sudah ada seiring dengan keberadaan BNSP sebagai perpanjangan tangan dalam melaksanakan sertifikasi profesi atau sertifikasi kompetensi.

Pembentukan LSP tersebut juga menjadi salah satu wujud implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia.(dun)

Editor : imam
 

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top