Cloud Hosting Indonesia

Senin, September 27

Dinkominfotik Kabupaten Brebes Dinobatkan Sebagai Walidata Statistik 2021

BREBES - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik)Kabupaten Brebes dinobatkan sebagai Walidata Statistik 2021 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Brebes. 

Penobatan tersebut diberikan karena Dinkominfotik telah berhasil menghimpun data statistik sektoral, dengan bertindak sebagai pengepul data sektoral.

Penghargaan diberikan Kepala BPS Brebes Dra Prita Rextiana MM kepada Kepala Dinkominfotik Drs Tatag Koes Adianto saat upacara Hari Statistik Nasional di halaman Kantor BPS setempat, Senin (27/9).

Penghargaan juga diberikan kepada Baperlitbangda, Dindukcapil dan PT Adidas sebagai Satuan Kerja Produsen Data Statistik  Sektoral Teraktif Kabupaten Brebes tahun 2021. 

Upacara Hari Statistik Nasional yang mengusung tema ‘Dengan Hari Statistik Nasional 2021 Kabupaten Brebes menyongsong satu data Indonesia’ dengan inspektur upacara Kepala BPS Brebes Prita Rextiana.

Prita membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono yang antara lain menandaskan pentingnya membangkitkan awareness tentang pentingnya data statistik sekaligus meningkatkan literasi statistik bagi masyarakat dan stakeholders. 

“Dengan awareness dan literasi ini diharapkan akan mendorong keterlibatan masyarakat maupun stakeholders secara aktif untuk turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan BPS, baik sensus atau survei,” kata Margo. 

Apalagi dengan perkembangan teknologi yang pesat dewasa ini, pengumpulan data di masa mendatang akan lebih banyak dilakukan oleh responden secara mandiri dan online. Ini tentu membutuhkan tanggung jawab, kesadaran, dan pemahaman responden untuk mengisi kuesioner tanpa ada pendampingan dari petugas/pencacah. 

Selain itu, dengan literasi statistik yang terus berusaha kita bangun, maka seluruh pengguna data baik dari kalangan Pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat secara umum akan mampu memanfaatkan data BPS secara maksimal sebagai landasan proses pengambilan keputusan di berbagai bidang. 
Tantangan yang dihadapi BPS semakin besar diantaranya
Pertama, permintaan dan tuntutan dari para pengguna data agar BPS mampu menyediakan data yang semakin berkualitas dan beragam dengan waktu penyediaan yang semakin cepat. 
Apalagi dengan adanya disrupsi teknologi yang mendorong terjadinya transformasi digital semakin meningkatkan tuntutan Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat akan adanya data berkualitas sebagai landasan dalam proses pengambilan keputusan dan 
Kedua, pandemi Covid-19 juga menjadi tantangan tersendiri bagi BPS karena harus menyediakan data sebagai respons cepat dalam situasi kedaruratan dan untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi Nasional. 

Hadir mengikuti upacara, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Kepala Baperlitbangda Edy Kusmartono, Kepala Disdukcapil Mayang Sri Herbimo, dan undangan lainnya.- (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top