Cloud Hosting Indonesia

Kamis, September 30

Dinas Perikanan Brebes Tebarkan Puluhan Ribu Benih Ikan Guna Mensejahterakan Nelayan dan Warga di Sekitar Waduk Penjalin Winduaji Paguyangan

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dinas Perikanan Kabupaten Brebes menggelar sosialisasi dan penebaran  ribuan benih ikan jenis Nila, emas, tawes dan udang gala di lokasi waduk Penjalin Desa Wnduaji Kecamatan Paguyangan, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan yang dihadiri Kadin Perikanan Brebes (Moh. Zuhdan SH). Kapus Riset Perikanan Brebes (Ir. Yayan H. Msi). Kades Winduaji (H. Abdurahman), Babinsa (Sertu Aneko P), Babhinkamtibmas (IPTU Maman S), Satpol PP (Seger PERS SE), Pemdes dan puluhan Nelayan Desa setempat.

Sertu Aneko P selaku anggota, Babinsa yang hadir dalam pendampingan mengatakan benih ikan yang ditebarkan kedalam waduk penjalin tersebut diantaranya jenis ikan Nila, emas sebanyak 100 ribu, jenis tawes 20 ribu dan udang gala sebanyak 50 ribu. 

Dikatakan Aneko maksud dan tujuan  dalam kegiatan yang dilakukan Dinas Perikanan Brebes diantaranya untuk membantu Kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para Nelayan sekitar Waduk tersebut.

Kadin Perikanan Brebes Moh. Zuhdan menjelaskan, upaya itu untuk mengembalikan fungsi ekosistem akuatik di Waduk Penjalin dengan restocking ikan.

Menurutnya, restocking ikan dilakukan juga untuk perbaikan gizi dan pendapatan masyarakat khususnya nelayan dengan penambahan stok ikan.

Zuhdan berharap kepada masyarakat agar tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang dilarang, khususnya menggunakan pestisida yang dapat memusnahkan semua biotik termasuk anak-anak ikan.

“Semoga ikan-ikan yang dilepas ini dapat tumbuh menjadi besar dan berkembang biak untuk dapat dimanfaatkan masyarakat,” harapnya.

"Penebaran benih ikan ini yang telah  dianggarkan Dinas Perikanan Brebes pada tahun 2021 ini," ujarnya.
  
Lanjut  Zudhan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat  sekitar waduk tersebut dengan dilakukan sosialisasi kondisi waduk dan penebaran puluhan ribu  benih ikan yang nantinya akan bermanfaat manakala ikan sudah bisa dipanen dengan harapan merekapun tetap harus bisa melestarikan dan menjaga kondisi waduk.

Hal yang sama disampaikan 
Kapus Riset Perikanan Brebes Ir. Yayan H. Msi, karena kondisi Dinas perikanan  terkait keterbatasan anggaran sehingga berupaya untuk membantu masyarakat agar bisa sejahtera  dengan membantu penebaran benih ikan agar dipelihara dengan baik dan hasilnya bisa bermanfaat. - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top