Cloud Hosting Indonesia

Sabtu, September 25

Diawal Musim Penghujan Melanda Wilayah Brebes Bagian Selatan Warga Agar Waspada Terhadap Bencal

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Diawal pembuka musim penghujan diwilayah Kabupaten Brebes bagian selatan bencana alam (bencal) mulai melanda di beberapa desa dalam waktu yang bersamaan diantaranya angin puting beliung terjadi di desa Kalinusu Bumiayu dan Desa Pangebatan Bantarkawung  sedangkan bencal banjir di Desa Buniwah Sirampog, Jumat (24/9) sore kemarin. 

Bencal yang mengakibatkan puluhan rumah warga dan pohon roboh diantaranya terjadi di desa Kalinusu Bumiayu dan desa Pangebatan Bantarkawung diporak porandakan angin puting beliung dan ruas jalan Kabupaten didesa Buniwah Sirampog mengalami berubah menjadi  sungai digenangi air hujan  hampir setinggi 1 meter lebih  dan masuk kedalam rumah warga. 

Sementara kondisi yang dilanda bencal masih dalam pengecekan oleh pihak desa dan BPBD yang jelas diperkirakan korban akibat bencal ini ada sekitar puluhan rumah warga yang mengalami rusak bagian atapnya dan beberapa pohon roboh menimpa rumah warga namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, Pihak Pemdes dalam penanganan darurat untuk malam ini mereka diamankan di rumah saudaranya.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan angin puting beliung menerjang Kabupaten Brebes wilayah Selatan, Jumat sore itu mengakibatkan tumbangnya pohon dan merusak puluhan rumah di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu satu di antaranya rusak berat lantaran bagian belakang rumahnya tertimpa pohon besar yang roboh.

Koordinator Satgas PB BPBD Brebes, Budi Sujatmiko mengatakan, angin puting menerjang pohon  terjadi sekitar  pukul 15.00 wib disaat turun hujan deras yang merata di wilayah Brebes selatan.

Budi pihaknya menghimbau warga agar tetap waspad dimusim penghujan tiba.

"Awal bencal terjadi sejak pukul 15.00 hingga 18.00 wib dengan turun hujan disertai angin ribut, melanda dibeberapa wilayah desa di Brebes bagian selatan  terjadi bencal puting beliuang dan banjir," kata Budi.

Dikatakan Budi bencal di desa Kalinusu pihaknya telah mendata satu rumah rusak berat, 5 rusak sedang dan 25 rusak ringan. juga beberapa bangunan mushola ikut rusak.

Kerusakan yang berat lantaran pohon besar menimpa bagian belakang rumah. Mereka sudah dilakukan evakuasi dan pembersihan runtuhan material bangunan rumah warga yang rusak dan bagi kerusakan ringan rata-rata tertimpa batang pohon seluruh penghuni rumah kondisinya  selamat sehingga dalam insiden ini  tidak ada korban jiwa.

Sementara Kepala desa (Kades) Pangebatan melalui Sekdes Agus mengatakan peristiwa yang serupa terjadi di desanya  ada beberapa rumah warga diporak porandakan oleh angin puting beliung namun pihak Pemdes dan BPBD masih sibuk melakukan pengecekan dilokasi untuk mendata sebagai bahan laporan besok katanya. - (tata/yayan)

Editor : imam

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top