Cloud Hosting Indonesia

Kamis, September 9

Di Tengah Pandemi Covid-19 Seluruh Desa Se Kecamatan Bantarkawung Saat Ini Dilakukan Monev 2021


EMSATUNEWS.CO.ID, 
BREBES - Bertempat di Aula Ksntor  Desa Pangebatan Kecamatan Bantarkawung digelar kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) yang dihadiri jajaran Pemerintahan Kecamatan, Kades,  Perangkat Desa, BPD, Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat, Kamis (9/9).


Kepala desa (Kades) Pangebatan  H Lukmanul Hakim mengatakan kegiatan moniv ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah desa  (Pemdes) sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja kedepannya. 


"Dengan turun langsung ke Desa dalam melakukan monev memang sangat kami butuhkan, karena banyak hal yang bisa kami pelajari khususnya bagaimana penataan pemdes yang baik dan benar berdasarkan aturan untuk menekan kekeliruan yang sering terjadi terutama pada kesalahan administrasi", ujarnya


Camat Bantarkawung melalui  Sekcam Agus Prasetya SH pihaknya selaku tim monev kecamatan mengatakan bahwa monitoring dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi pemerintahan desa (Pemdes) yang telah dilaksanakan secara rutin diawal tahun. Disamping itu, monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, organisasi kelembagaan pemdes, evaluasi serta pelaporan.


"Kegiatan monitoring penyenggaraan pemerintahan adalah kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahunnya  sebagai tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi sebelumnya diawal tahun untuk memonitor sejauh mana arahan kami diterapkan. Namun, jika masih dirasa ada yang kurang dipahami tentang penyelenggaraan pemerintahan, kami di Kecamatan membuka ruang seluas-luasnya untuk berdiskusi. Silahkan koordinasi, komunikasi dan diskusi dengan OPD Kecamatan," kata Agus.


Dikatakan Agus saat ini pihaknya menggelar monev secara marathon ke 18 Desa yang ada di kecamstan Bantarkawung, Selain mengecek secara langsung pembangunan fisik, monev tersebut juga mengecek tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa.


Menurut Agus, monitoring dan evaluasi tersebut sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku dengan tujuan pelaksanaan monev ke masing-masing desa terkait pelaksanaan pembangunan di desa  menggunakan dana desa (DD)  agar tidak terjadi penyimpangan yang sampai terkena/terjerat oleh hukum.

.

Lanjut Agus monitoring ini, jugavagar aparat desa bisa tertib dalam bidang administrasi program pembangunan yang menggunakan anggaran DD termasuk penggunsan dana pajak bumi dan bangunan (PBB) .(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top