Cloud Hosting Indonesia

Jumat, September 24

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah Program Redistribusi 2021

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bertempat di Pendopo Kabupaten Brebes ratusan  sertifikat tanah hasil program redistribusi tanah Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH belum lama ini  secara  simbolis menyerahkan sejumlah 550 sertifikat kepada perwakilan warga penerima.

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti mengatakan, Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo memiliki dua program unggulan yang dilaksanakan oleh Kementerian ATR / BPN, diantaranya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan program redistribusi tanah.

Dikatakan Idza Kedua program unggulan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan warga yang merupakan program sertifikasi lahan berskala nasional dan tenggang waktunya hanya sampai Desember tahun ini.

“Kami berharap dukungan dari RT, desa dan kelurahan untuk segera menyelesaikan administrasinya agar  mempermudah pekerjaan BPN Brebes,” ujar Idza.

Kepala Pertanahan Kabupaten Brebes, Juarin Jaka Sulistyo mengatakan, dalam pembuatan sertifikat di program tersebut, masyarakat dibebaskan biaya alias gratis pasalnya  biaya telah ditanggung oleh APBN tahun 2021.

“Jadi semua sertifikat yang ada dalam program ini semuanya gratis dan semua biaya sudah ditanggung oleh Pemerintah,” ucapnya.

Lanjut Sulistyo  untuk program tersebut, sasarannya adalah tanah yang berstatus landreform. Sedangkan kriteria atau syaratnya, di antaranya mempunyai kepastian obyek dan subyek, tidak dalam sengketa dan sesuai dengan tata ruang Pemkab Brebes.

Program ini membedakan dengan program sertifikat Prona. Sedangkan proses pembuatan sertifikat program redistibusi tanah itu juga mempunyai panitia pertimbangan, yang diketuai seorang Bupati 

“Program redistribusi ini bisa sebagai stimulan, motivasi dan semangat masyarakat. Jadi mereka yang memiliki sertifikat ini sudah memiliki kepastian hukum terkait kepemilikan tanah,” pungkasnya.(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top