Cloud Hosting Indonesia

Sabtu, September 11

BPBD Provinsi Jateng Gelar Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah gelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana identifikasi dan sosialisasi daerah rawan bencana bekerjasama dengan DPRD Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan tersebut digelar di Pendapa Kecamantan Ulujami Kabupaten Pemalang, Sabtu (11/9) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Kecamatan Ulujami, wakil ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, H Sukirman, Mohammad Saleh ketua Komisi A DRRD Provinsi Jawa Tengah, anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah Riyono, BPBD Provinsi Jawa Tengah Muhammad Chomsul, dan Suyanto, Kabid Logistik BPBD Kabupaten Pemalang.

Camat Ulujami Yanuar Nitbani mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu cara untuk mendengarkan aspirasi dan persoalan bencana yang setiap tahunnya terjadi di Kecamatan Ulujami, khususnya bencana rob dan banjir.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran Bapak Dewan Provinsi beliau jadi mendengar aspirasi dan keluh kesah dari masyarakat, kepala desa dan relawan yang ada di ulujami bagian Utara yang setiap tahunnya terkena rob dan banjir," kata Yanuar.

Setelah DPRD Provinsi mendengar keluh kesah di Ulujami dia berharap DPRD Provinsi bisa meneruskan kepada dinas terkait biar kedepan bersama-sama bisa mencari solusi yang terbaik mengatasi banjir dan rob di wilayah Ulujami.

Yang jelas, lanjut Yanuar, tentunya yang paling tepat adalah penanganan secara menyeluruh. "Sungainya harus dibenahi kemudian aliran air yang menuju ke laut dan upaya penanggulan dengan tanggul atau sabuk pantai," lanjutnya.

Menurut dia, penanganan itu harus menyeluruh tidak bisa dengan satu yang dibenahi. Semisal, hilirnya dibangun tanggul tetapi hulunya tidak diperbaiki maka air laut akan terus naik.

"Jadi harus ada perbaikan dari hulunya terlebih dahulu. Semoga ini menjadi kesempatan yang baik dan bisa mendapat solusi agar tidak terjadi rob dan banjir lagi kedepannya," tandasnya.
(Sasongko)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top