Cloud Hosting Indonesia

Rabu, September 22

Ada 200 Dosis Vaksin Gratis Untuk Hewan Kesayangan Anda Dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang melalui UPT Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan) gratiskan vaksin rabies untuk hewan kesayangan, vaksin rabies tersebut salah satu untuk menyambut Hari Rabies sedunia yang jatuh pada 28 September 2021 mendatang.

Vaksin tersebut disediakan untuk 200 hewan dan sudah dilaksanakan mulai hari ini Rabu (22/9) sampai dengan Selasa (5/10), yang dilayani setiap Hari Senin – Kamis Pukul 08:00 – 12.00 WIB dan Jumat Pukul 08.00 dengan kuota hanya 15 ekor dosis per hari.

Medik Veteriner pada UPTD RPH dan Puskeswan Dispertan Kabupaten Pemalang, drh. Haviz Faisal menyampaikan, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang mendapat kuota vaksin rabies tersebut dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah sejumlah 200 dosis yang dialokasikan untuk memberikan vaksinasi rabies terhadap hewan di Puskeswan Pemalang dan Puskeswan Randudongkal. 

"Bagi masyarakat yang akan memvaksinasi hewan kesayanganya bisa langsung datang ke Puskeswan Pemalang dan Randudongkal.
Di Puskeswan Pemalang sebanyak 150 dosis, dan di Puskeswan Randudongkal 50 dosis," ungkap Haviz Faisal. Rabu, (22/9)

Menurut Havis, untuk hewan yang menjadi target vaksin rabies adalah hewan penular rabies diantaranya kera, anjing dan kucing. 

"Untuk syarat hewan yang boleh divaksin rabies tersebut yaitu hewan yang sudah berumur lebih dari 4 bulan, sehat dan bagi hewan betina sedang tidak bunting," jelasnya.

Havis berharap, di Provinsi Jawa Tengah bersih dari penularan penyakit rabies dan bebas rabies. Menurut dia, penyakit rabies merupakan penyakit zoonosis yakni penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia.

"Penyakit rabies ini termasuk penyakit yang bisa menular ke manusia bisa sangat fatal dan hampir 100 persen menyebabkan kematian. Vaksinasi rabies ini sangat penting untuk menjaga hewan-hewan penular rabies agar tidak terkena rabies," pungkasnya. (Sasongko)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top