Cloud Hosting Indonesia

Rabu, Agustus 11

PKL Alun-alun Brebes Mendesak Pihak Pemkab Terkait Kepastian Izin Berjualan

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Kabupaten Brebes meminta kepastian pihak Pemkab Brebes terkait izin berjualan pasalnya hampir selama satu bulan 
mereka   hingga saat ini masih dilarang untuk  berjualan seperti sebelum adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat padahal mereka telah beberapa kali melakukan audiesi dengan Pemkab Brebes agar bisa diizinkan kembali  berjualan.

Namun upaya mereka selalu menemukan jalan buntu, sehingga mereka tetap terus beraudensi mendesak guna kepastian izin berjualan.


Untuk kesekian kalinya mereka beraudensi dengan Asisten I Setda Brebes, Apriyanto Sudarmoko namun  hasilnya  juga belum menemui titik terang.

Ketua Paguyuban PKL Pendopo Sejahtera, Ahmad Jazuli mengatakan, meskipun sudah beberapa kali mendapatkan bantuan sosial (Bansos) Sembako maupun uang tunai, namun tetap tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

"Untuk itu, pihaknya meminta Pemkab Brebes memberikan kebijakan agar mereka bisa kembali berjualan" katanya usai audensi, Selasa (10/8) kemarin.

Dikatakan Akhmad manakala diizinkan  berjualan diharuskan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) merekapun siap dan juga harus dibatasi berjualan sampai jam sembilan malam mereka pasti siap,” ujar Akhmad.

Menurut Akhmad jika tetap tidak diperbolehkan berjualan di kawasan Alun-alun Brebes,  para PKL bersedia dipindahkan untuk berjualan di lokasi lain asal tidak lagi mengeluarkan biaya besar.

Lanjut Akhnad, pihaknya meminta diberikan solusi terbaik asalkan dilokasi yang tidak memakan biaya yang besar, seperti biaya bongkar pasang dan lain-lain, kami tetap bersedia. Dan yang penting bisa berjualan,” tuturnya.

Sementara, data jumlah PKL di kawasan Alun-alun Brebes terdapat sekitar 180 pedagang meliputi  pedagang pada siang hari 30 orang, pedagang malam 136 orang dan pedagang di selter beejulah  26 orang mereka saat ini menganggur hanya beberapa pedagang yang bisa berjualan dengan cara berkeliling.

Kepala Pasar Induk Brebes Dadang Karyawanto, pihaknya tengah menyiapkan lokasi untuk PKL Alun-alun berjualan di lokasi lain. Jika kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Brebes sudah menurun, maka para PKL bisa berjualan lagi di Alun-alun Brebes.


“Kalau kepastian untuk berjualan ini kami sedang koordinasikan dulu dengan pihak-pihak terkait mereka untuk sementara akan direlokasi ke tempat lain," kata Dadang yang juga pengurus PKL Alun-alun Brebes.

Hal senada disampaikan  Asisten I Sekda Brebes, Apriyanto Sudarmoko saat ini Pemkab Brebes tengah mengupayakan untuk penentuan lokasi guna relokasi PKL di Alun-alun Brebes.dan pihaknya  meminta para PKL untuk bersabar terlebih dulu, menunggu keputusan dari Pemkab Brebes.

“Kami minta pedagang sabar dulu, kami sedang mengupayakan untuk itu (relokasi) pada prinsipnya kami berupaya untuk mencari solusi terbaik untuk para pedagang,” pungkas Apriyanto (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top