Cloud Hosting Indonesia

Rabu, Agustus 18

Petugas Satpol PP Brebes Lakukan Sidak Tehadap Proyek Perumahan Cluster Mutiara Kalimosodo Yang Diduga Belum Lengkapi Izin

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –Proyek perumahan Cluster Mutiara Kalimosodo di Kecamatan Brebes yang diduga nelum miliki izin dilakukan inspeksi mendadak (Sidak) oleh Satpol PP Kabupaten Brebes 18/8 Rabu.

Tampak Petugas Satpol PP datang ke lokasi  proyek yang berada di jalan Taman Siswa Kelurahan Brebes itu, melakukan klarifikasi terkait perizinan kegiatan pembangunan milik pengembang PT Kalimosodo Jaya Bersama.
Kasi Penegak Perda Satpol PP Kabupaten Brebes, Prasidha Kurniawan mengatakan kedatangan kami ini untuk melakukan klarifikasi terkait proses perijinan mereka mengaku belum memiliki izin terkait termasuk izin yang dikeluarkan dari DPMPTSP, Dishub, dan Rekom Teknis Dinperwaskim, katanya

Dikatakan Kurniawan, berdasarkan hasil klarifikasi, dari pihak pengembang telah menerima informasi Tata Ruang (ITR) dari dinas terkait untuk perizinan yang lain namun pengembang beralasan sedang dalam proses padahal pihaknya sudah meluruskan ke pengembang, kalau ITR itu bukan izin, tapi sebatas informasi tata ruang sesuai Perda tidak boleh melakukan kegiatan fisik berupa pembangunan pengurukan.

"Jadi mereka ini benar-benar melanggar,” ujarnya 

Kurniawan menuturkan  jajaran Satpol PP akan menghentikan aktivitas pengurukan jika pengembang pada Kamis 19/8 besok masih melakukan kegiatan pengurukan atau sejenisnya.

"Kalau masih membandel besok kami siap lakukan penghentian aktivitas sementara proyek perumahan sampai pengembang melengkapi berkas perizinannya,” jelasnya.

Hal yang sama disampaikan  Kepala DPMPTSP Kabupaten Brebes, Ratim Rantoko jika pengembang melakukan kegiatan berupa pengurukan belum mengantongi izin, itu merupakan pelanggaran. 

“Jadi sesuai aturan, jika perusahaan akan melakukan eksekusi atau kegiatan fisik harus mengantongi izin Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), yang sebelumnya istilah dan fungsinya sama seperti IMB,” ungkap Ratim

Sementara Manajer Plan Pengembang Perumahan Cluster Mutiara Kalimosodo, Teguh pada  mengatakan, pihaknya sudah dalam proses terkait perizinan di DPTMPTSP, Dinperwaskim, Dinas Perhubungan dan OPD lainnya.

“Untuk perizinan, kita sedang dalam proses, yang mengurus Notaris kami. Untuk izin lingkungan juga kita sudah ajukan permohonan ke kelurahan, tapi memang belum pelaksanaan sosialisasi karena situasi masih pandemi Covid 19,” tutur Teguh.

Lanjut Teguh, perumahan Cluster Mutiara Kalimosodo yang nantinya akan dibangun sebanyak 53 unit. Dengan rincian, 51 rumah dan dua ruko.(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top