Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Pemdes Laren Bumiayu Selamatkan Cagar Budaya Peninggalan Sejarah Nenek Moyangnya

04/08/2021, 20:46 WIB Last Updated 2021-08-04T13:46:12Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pemerintah Desa (Pemdes) Laren Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, bertekad pertahanankan cagar budaya peninggalan nenek moyangnya dahulu dengan melakukan penataan lokasi situs watu jaran dan membangun pagar keliling.

Kepala Desa Laren Arief Setiawan  mengatakan pihak Pemdes saat ini telah merampungkan penataan dan pembangunan pagar keliling sehingga diwilayahnya memiliki lokasi peninggalan sejarah berupa situs watu jaran yang
merupakan peninggalan  sejarah agama Hindhu berbentuk arca nandi, batu yoni, dan balok panjang.


Dikatakan Arief penataan dan pemugaran lokasi tersebut sebagai inisiatif yang dilakukan  Pemdes guna upaya melestarikan nilai budaya nenek moyang di desa Laren dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) hampir sebesar Rp 47 juta dan saat ini sudah 90 persen telah tertata rapih layaknya lokasi wisata pada umumnya.

"Inisiatif Pemdes guna penyelamatan dan mengamankan benda situs bersejarah Watu Jaran telah diusulkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes, sshingga dilakukan penataan dan pemugarannya dengan menggunakan anggaran DD" ujar Arief diruang kerjanya, Rabu (4/8).


Lanjut Arief  penataan dan  pembangunan pagar keliling  tersebut sebagai upaya mempertahankan kearifan lokal untuk kemudian dikenal oleh generasi penerus anak bangsa.

"Pembangunan ini,  menghindari hilangnya keberadaan benda benda  peninggalan yang ada di lokasi tersebut," ucap Arief.

Sementara Camat Bumiayu Eko Purwanto SP MSi megatakan, pihaknya menyambut baik upaya Pemdes Laren untuk melestarikan budaya yang ada di desanya.

"Langkah yang baik dari Pemdes Laren untuk mempertahankan cagar budaya  Karena penting sebagai sejarah desanya untuk terus ditunjukan dan dikenalkan kepada generasi  penerusnya, " tuturnya - (imam)

 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Laren Bumiayu Selamatkan Cagar Budaya Peninggalan Sejarah Nenek Moyangnya

Terkini Lainnya

Iklan