Cloud Hosting Indonesia

Kamis, Agustus 12

Pemdes Jrakah Salurkan BLT Kepada 126 KPM

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Pemerintah Desa Jrakah, Kecamatan Taman menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2021 kepada 126 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran dilaksanakan di balai desa setempat, Kamis (12 Agustus 2021).

Kepala Desa Jrakah, Taryono mengatakan pihaknya membagikan BLT untuk pencairan tahap ke-8 atau bulan Agustus kepada 126 KPM. Adapun bantuan yang mereka terima berupa uang tunai sebesar Rp.300.000 setiap bulannya.


Dikatakan, penerima manfaat BLT DD tahun 2021 jumlahnya memang lebih sedikit dibandingkan tahun 2020 lalu. Hal itu karena terjadi pengurangan jumlah KPM. Pengurangan dilakukan karena banyak KPM BLT tahun lalu yang saat ini sudah mendapatkan program bantuan dari pemerintah pusat.

"Tahun lalu, jumlah penerima BLT sebanyak 284 KPM. Karena sudah banyak yang mendapatkan program PKH, BPNT dan BST sehingga tahun ini dilakukan pengurangan menjadi 126 KPM. Jumlah ini hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yang dilaksanakan pemdes bersama tokoh masyarakat. Dari musyawarah itu terjaring 3 KPM disetiap RT-nya," ujar Kades Taryono.

Kades menuturkan penyaluran bantuan dilakukan dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Masing-masing dusun mendapat jadwal pengambilan bantuan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan.


Adapun saat pengambilan bantuan, lanjut dia, penerima manfaat harus membawa e KTP dan Kartu Keluarga (KK). Usai melakukan pengambilan bantuan, setiap penerima kemudian akan difoto oleh petugas dengan posisi kedua tangan memegang sebuah kertas bertuliskan 'Penerima Dana Desa' berikut nama si penerima.

"Mudah-mudahan bantuan yang telah mereka terima sangat bermanfaat. Semuanya bermanfaat untuk masyarakat. Karena sudah dimusdeskan, sudah dijaring lewat RT, RW dan betul-betul  hasilnya murni seperti itu," pungkas dia. (Yanto).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top