Cloud Hosting Indonesia

Kamis, Agustus 12

Masyarakat Jangan Mudah Termakan Hoaks Saat Pandemi Covid-19

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat selain membawa dampak positif, ternyata juga membawa dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang cukup meresahkan adalah munculnya informasi palsu atau lebih popular dikenal dengan istilah “hoax”.

Internet dan media sosial membuat kita dengan mudah mengakses berbagai macam informasi. Namun, penting untuk dapat memilah dan memilih informasi yang kita dapatkan agar tidak mudah termakan hoaks.


Hal ini disampaikan Kasubbag Humas Polres Brebes AKP Harti saat ditemui di ruang kerjanya,  Kamis (12/8).

Harti mengatakan terkait penanganan pandemi Covid-19 telah banyak informasi yang bisa diakses oleh masyarakat, seperti situs covid19.go.id yang merupakan situs resmi pemerintah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasioanl (KPC-PEN), banyak cara yang dapat kita lakukan untuk cek hoaks.

Diantaranya bisa dengan kirim pesan WhatsApp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500.

Dikatakan Harti tidak hanya itu, kebenaran akan suatu informasi apakah benar atau hoaks juga dapat cek di situs https://turnbackhoax.id dan https://cekfakta.com.


Kemudian, kita juga bisa melihat laporan hoaks dari Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks.

Sedangkan, untuk cek dan buktikan hoaks yang terkait COVID-19, dapat kunjungi situs resmi    https://s.id/infovaksin.

Berikut beberapa akun media sosial resmi pemerintah terkait Covid-19, Instagram ;@lawancovid_19  (Instagram.com/lawancovid19_19), facebook ; Lawan Covid19 ID (facebook.com/lawancovid19indonesia), Relawan Informasi Covid-19(facebook.com/groups/lawancovid19), Twitter; @lawancovi_19 (twitter.com/lawancovid19_id),YouTube ; Lawan Covid 19 ID (s.id/lawancovid19id)
TikTok ; @lawancovid19_id (tiktok.com/lawancovid19_id).(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top