Cloud Hosting Indonesia

Jumat, Agustus 20

Masyarakat Desa Dukuhmaja Songgom Pertahankan Tradisi Santuni Anak Yatim di Bulan Muharam

Kades Dukuhmaja Songgom Hj Eko Paryatun

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Warga Desa Dukuhmaja, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes berhasil menabung  uang sejumlah Rp 241.901.000 untuk dibagikan kepada 41 anak yatim, pada, Rabu (18/8) kemarin. 

Di masa pandemi Covid 19  masih ada  masyarakat yang tetap bersemangat untuk berdonasi dalam tradisi santunan anak yatim di Bulan Sura 1 Muharam. 

Kepala Desa  (Kades) Dukuhmaja, Hj Eko Paryatun mengatakan, tradisi santunan anak yatim di desanya merupakan agenda rutin setiap Bulan Sura yang diprakarsai tokoh ulama setempat almarhum KH. Anwar Ansori yang dilanjutkan oleh anaknya, Ustad Kholik dengan menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) Dukuhmaja itu, telah berlangsung puluhan tahun sampai sekarang  tradisi itu terus terjaga, bahkan antusias masyarakat semakin tinggi. 


"Biasanya ada ziarah kubur di TPU Dukuhmaja, dan malamnya pengajian dan doa bersama dengan menghadirkan kyai untuk ceramah namun adanya PPKM maupun masa pandemi Covid 19 agenda itu ditiadakan," kata Eko, di ruang kerjanya , Kamis (19/8) kemarin.

Dikatakan Eko agenda santunan anak yatim ini dilakukan dengan sederhana. Para donatur datang untuk memasukan uang ke kotak amal dan langsung pulang. Sementara itu, agenda membelai kepala anak yatim ditiadakan sebagai upaya pencegahan kerumunan dan selain itu, panitia yang hadir juga menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5 M secara ketat.

"Agenda santunan ini dilakukan di dua tempat untuk mengindari kerumunan. Acara di Musolah Baitusalamah Dukuhmaja Kidul dan di Mushola Al Hikmah Dukuhmaja Lor," ujarnya

Dijelasksn Eko, kegiatan santunan di Dukuhmaja Kidul, uang yang terkumpul sebanyak Rp 183.596.000. Uang santunan itu diberikan kepada 28 anak yatim, dan tiap anak mendapatkan Rp 6.557.000 dan beras sebanyak 25 kilogram. Sedangkan santunan di Dukuhmaja Lor terkumpul Rp 58.305.000 yang dibagikan kepada 13 anak yatim, dan tiap anak mendapatkan Rp 4.485.000 serta 25 kilogram beras. 

"Setiap tahun donasi bertambah. Donasi tidak hanya warga desa, tapi juga dari perantau di kota besar dan luar negeri. Tapi mereka berasal dari Desa Dukuhmaja," jelasEko.


Lanjut Eko dengan adanya semangat peduli itu, pihak pemerintah desa mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur dan panitia. Baik panitia di Dukuhmaja Kidul maupun Dukuhmaja Lor. Diharapkan, donasi yang terkumpul bisa lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang. 

"Kesadaran masyarakat  desa Dukuhmaja sangat tinggi untuk bersedekah. Mereka selalu berbagi," pungkasnya. (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top