Cloud Hosting Indonesia

Rabu, Agustus 25

Mahasiswa KKN UMUS Brebes Lakukan Penghijauan di Sepanjang Jalan Raya Desa Rungkang Ketanggungan

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bencana banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes mendapat perhatian dan keprihatinan mahasiswa Universitas Muhadi Setabudi (UMUS) Brebes. 

Untuk mencegah banjir datang kembali, mahasiswa menanam pohon di sepanjang ruas jalan Desa Rungkang yang terlihat gersang.

Selain ditanam di ruas jalan, bibit pohon juga dibagikan kepada warga untuk ditanam di lahan mereka seperti pekarangan, kebun, maupun halaman rumah.

Penanaman pohon tersebut dilakukan oleh mahasiswa UMS yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah tersebut bekerja sama dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Pemali-Jratun, serta Ikatan Remaja Masjid (Irma) Al Ikhlas desa setempat.

Koordinator penanaman pohon Aris Sutanto mengatakan, penanaman pohon dilakukan selain untuk mencegah banjir juga untuk mengurangi polusi udara.

"Kegiatan penanaman pohon ini juga untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungan,” kata Aris.

Dikatakan Aris, pencegahan dini banjir mutlak dilakukan karena banjir telah beberapa kali menggenangi wilayah Kecamatan Ketanggunan dan sekitarnya.

Lanjut Aris, pohon yang ditanam seperti jambu biji, ketapang kencana, rambut duren, flamboyan.

“Total bibit pohon yang ditanan 279 dan 10 jenis bibit pohon, yang diambil dari BPDAS Pemali-Jratun di Desa Baros," imbuhnya.

Aris berharap, penanaman pohon tersebut menjadi inspirasi bagi masyarakat di seluruh kecamatan se Kabupaten Brebes untuk melakukan penghijauan.

“Kami juga berharap kepada pemerintah untuk gecar dan fokus melakukan penghijauan,” pungkas Aris. - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top