Cloud Hosting Indonesia

Kamis, Agustus 12

LKPJ Bupati Brebes 2020 Mendapat Sorotan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Brebes

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Brebes Tahun Anggaran 2020 dalam rapat paripurna, Selasa (8/8/2021) kemarin. Mulai dari rendahnya realisasi PAD hingga masih tingginya sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) mendapat sorotan dari anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Brebes.

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Brebes yang menilai sejumlah catatan dalam LKPJ belum maksimalnya realisasi anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD). Di mana PAD saat ini hanya bisa mencapai 36,71 persen.


“Catatan pertama dalam LKPJ kemarin, pertama dari rencana anggaran yang mencapai Rp 413.148.097.000. Tapi hanya terealisasi sebesar Rp151.659.662.919,01,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Brebes Muhammad Rizki Ubaidillah, kepada awak media, Kamis (12/8).

Dikatakan  Rizki sebagai catatan kedua, Kabupaten Brebes masih belum bisa ke luar dari zona Open Defecation Free (ODF) atau bebas BAB sembarangan (BABS).bahkan angka kematian ibu (AKI) di Brebes juga tergolong masih tinggi.

Catatan ketiga, masih tingginya sisa lebih pembiayaan anggaran atau Silpa di TA 2020 menjadi cacatan Fraksi PDI-Perjuangan. Berdasarkan data yang diperoleh, Silpa TA 2020 sebesar Rp 181.482.467.546,57.

“Tingginya Silpa tersebut disebabkan perencanaan yang buruk ditambah penyerapan anggaran yang rendah,” ujarnya.


Lanjut dia tiga catatan strategis tersebut, sudah disampaikan secara tertulis kepada Bupati Brebes untuk segera dilakukan perbaikan ke depanya.

“Kami memahami pandemi COVID-19 menghambat beberapa sektor dalam kebijakan Pemkab. Namun, kebijakan pendapatan daerah mestinya tetap menjadikan prioritas mengingat Brebes memiliki wilayah yang cukup luas. Dan juga kinerja OPD lebih ditingkatkan inovasi dan penyerapan anggaran lebih ditingkatkan,” pungkasnya - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top