Cloud Hosting Indonesia

Senin, Agustus 23

Kodim 0713 Brebes Gelar Edukasi Kebencanaan

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES  – Kodim 0713 Brebes menggelar kegiatan pembinaan masyarakat tanggap bencana alam (Bencal) di Aula  Makodim setempat, Senin (23/8).

Jubaidi,  selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Brebes  menyampaikan,  materi kebencanaan sangat penting untuk terus disosialisasikan kepada TNI dan masyarakat agar tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana.

Menurut Jubaidi , beberapa wilayah di Kabupaten Brebes termasuk daerah yang berpotensi atau rawan bencana, baik itu Bencal, bencana non alam, dan bencana sosial.

“Tujuan edukasi kebencanaan untuk meminimalisir dampak dan resiko dari bencana,” ucapnya.

Terkait bencana non alam seperti  pandemi Covid-19 pihaknya  meminta kepada perwakilan warga yang mengikuti sosialisasi untuk menularkan materi yang disampaikan kepada warga lainnya di desa masing-masing.

Pasalnya, selaku warga masyarakat juga harus membantu petugas gabungan yang sedang menanggulangi pandemi Covid 19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Masyarakat patuh dengan prokes itu sudah merupakan bantuan kepada petugas selama pemberlakuan PPKM,” tuturnya.

Sementara terkait Bencal Jubaidi juga meminta agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada saat memasuki musim penghujan nanti, karena waktu itulah potensi Bencal dapat terjadi, seperti banjir dan tanah longsor.

Jubaidi juga menghimbau agar desa yang belum memiliki posko siaga bencana untuk segera menyiapkannya, sehingga informasi bencana bisa cepat dan tepat ditanggulangi.

Posko bencana sangat penting untuk menampung berbagai bantuan jika bencana itu datang. Pasalnya, melakukan kesiapsiagaan sejak dini atau sebelum bencana, lebih baik jika dibandingkan dengan penyelamatan sesudah bencana pungkasnya - (Aan/imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top