Cloud Hosting Indonesia

Senin, Agustus 23

KIP Award, Sebagai Upaya Membuka Kran Informasi Publik

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), masyarakat berhak tahu berbagai informasi publik. Untuk itu, seluruh badan publik harus membuka kran seluas-seluasnya tentang informasi publik kepada masyarakat. 

Dengan keterbukaan informasi publik tersebut maka masyarakat bisa berpartisipasi dalam pengawasan untuk meminimalisir tindak penyelewengan oleh badan publik.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes Tatag Koes Adianto, saat menggelar Anugrah KIP Award 2021 tingkat Kabupaten Brebes, di Pendopo Bupati, Senin (23/8).

Selaku Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi (PPID) Utama, Tatag menerangkan, berdasarkan penilaian dewan juri masih banyak badan publik yang tidak informatif sebanyak 31 badan publik. Sedangkan 6 badan publik menuju Informatif, 4 cukup informatif, dan 7 kurang informatif. 

“Semua sudah melakukan langkah-langkah kongkret dalam pelayanan keterbukaan informasi publik, tetapi belum memenuhi standar kriteria yang ditetapkan secara nasional,” terangnya.

Dikatakan Tatag  melalui ajang KIP Award, seluruh badan publik di Kabupaten Brebes kedepan lebih terbuka terhadap tata kelola pelayanan informasi publik. Apalagi, masyarakat berhak mendapatkan informasi publik dan badan publik berkewajiban memberikannya kepada masyarakat.

Hal yang sama disampaikan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti berharap seluruh Badan Publik yang ada di Kabupaten Brebes harus dapat mendukung KIP, dengan tata kelola pelayanan informasi publik yang baik.

Idza menekankan kepada badan publik yang tidak informatif agar digenjot untuk melakukan perubahan termasuk yang kategori cukup informatif dan menuju informatif harus meningkatkan layanannya agar semua badan publik di Kabupaten Brebes  bisa Informatif.

“Tahun depan harus meningkat, jangan ajeg,” tekan Idza.

Tampak  plakat dan piagam penghargaan diserahkan Bupati kepada 6 badan publik yang masuk kategori menuju informatif diantaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB), Kecamatan Salem, Sekretariat Daerah (Setda), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dindukcapil) dan Kecamatan Paguyangan.

Ditempat yang sama Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan memberikan piagam kepada empat badan publik yang masuk kategori cukup informatif.

Keempat badan publik tersebut yakni Dinas Kearispan dan Perpustakaan (Dinarpus), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora), Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS), Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (DKPSDMD).

Sementara Kepala Bidang Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Brebes Lusiana Indira Isni SSos MIKom menambahkan, KIP Award melalui berdasarkan verifikasi administrasi dan uji publik.  Penilaian Uji Publik dilakukan tim independen dari Dosen Ilmu Komunikasi UPS Tegal dan Plt Sekretaris Dinkominfo Kota Pekalongan. 

Lanjut Lusi  pihaknya menyayangkan Dari 48 badan publik se Kabupaten Brebes, didapatkan 31 badan publik tidak informatif, 7 kurang informatif, 4 cukup informatif dan 6 menuju Informatif. "Namun belum ada satu badan publik pun yang masuk kategori informatif, " pungkasnya - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top