Cloud Hosting Indonesia

Jumat, Agustus 27

Kelangkaan Gas di Brebes Bisa Diatasi Dengan Penambahan Kuota 57.120 Tabung Dari Pertamina

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –Terkait kelangkaan gas tabung melon untuk rakyat miskin  Kabag Perekonomian Setda Pemkab Brebes Farikha melalui Kasubag Sumber Daya Alam (SDA) Munaji menyatakan, Pemkab Brebes sudah sejak akhir Juli melakukan beberapa langkah dan terus berkoordinasi dengan Pertamina. Pasalnya, ada indikasi akan terjadi kelangkaan gas 3 Kg (gas melon) di bulan  Juli dan Agustus bahkan, pihaknya telah meminta adanya tambahan fakultatif ke Pertamina sebanyak tiga kali, dan semuanya sudah direalisasikan.

Dikatakan Munaji tahap pertama, di akhir Juli penambahan kuota diberikan untuk 6 kecamatan, dengan alokasi setiap kecamatan 560 tabung atau 1 Lo. Karena masih mengalami kelangkaan, kemudian dilakukan penambahan tahap kedua.

Adapun penambahan tahap kedua dilakukan di awal Agustus untuk 11 kecamatan, dan setiap kecamatan mendapat alokasi 506 tabung.

Dari hasil pemantauan di lapangan, ternyata penambahan kuota itu masih juga mengalami kekurangan. Sehingga, pihaknya mengajukan kembali penambahan sebesar 1 alokasi harian normal 102 Lo atau sebanyak 57.120 tabung.

“Tambahan alokasi mulai hari ini, dan akan didropping dalam tiga hari. Mudah-mudahan adanya tambahan ini bisa mengatasi kelangkaan ini,” ujar Munaji, Jum'at  (27/8).

Lanjut Munaji selama ini , pasokan gas dari Pertamina secara reguler tetap dilaksanakan. Kelangkaan yang terjadi justru karena adanya peningkatan permintaan dari masyarakat.

Permintaan masyarakat tinggi karena beberapa faktor, di antaranya PPKM yang diperlonggar, musim hajatan dan musim tanam karena adanya konversi bahan bakar untuk pompa air dari BBM ke gas.

“Sehingga kami dalam mengantisipasi kelangkaan ini sudah dari jauh hari dan terus proaktif dengan Pertamina,” tuturnya.

Sementara  terkait kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kg di wilayah Kabupaten Brebes dalam dua bulan terakhir, Anggota Komisi VII DPR RI, Paramitha Widya Kusuma, meminta Pemkab Brebes lebih proaktif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Khususnya, dalam mengajukan tambahan vakultatif kepada Pertamina.(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top