Cloud Hosting Indonesia

Minggu, Agustus 22

Di Tengah Pandemi Covid-19 Kasus AKI dan AKB di Kabupaten Brebes Masih Tinggi Bumil Perlu Agar Mendapat Vaksinasi Covid- 19

Gambar ilustrasi

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Kasus angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Brebes menunjukkan masih tinggi pasalnya data yang tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes dari Januari-Juli 2021, ada sekitar73 ibu dan 147 bayi meninggal dunia.
Hal ini dibenarkan Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes dr. Sri Gunadi Parwoko, Sabtu (21/8).

Gunadi mengatakan AKI di Kabupaten Brebes Januari hingga Juli lalu terbilang tinggi. Jumlah tersebut melebihi jumlah kasus AKI tahun sebelumnya yang mencapai 62 kasus.

“Saat ini hingga bulan Juli lalu jumlah kasus di Brebes mencapai 73 dalam waktu setengah tahun ini saja angkanya sudah melebihi jumlah satu tahun yang lalu yang hanya mencapai 62 kasus,” katanya.

Dikatakan Gunadi, kondisi saat ini disebabkan faktor adanya pandemi Covod 19, AKI dari bulan Januari-Juni itu mencapai 40 kasus bahkan dalam bulan Juli saja AKI mencapai 33 kasus ujarnya.

Menurut Gunadi penyebab kematian terbanyak tersebut akibat pandemi Covid 19 dari 33 kasus AKI pada bulan Juli lalu, sejulah 23 di antaranya karena terpapar Corona juga untuk bulan Agustus ini AKI bertambah tiga lagi, dua di antaranya karena Corona,” ungkapnya.

Gunadi menyebut, jika ibu hamil ini merupakan orang yang beresiko tinggi terpapar pandemi Covid 19 Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan pencegahan kepada ibu hamil yang perlu untuk mendapat vaksinasi Covid 19 agar tidak terpapar.

"Vaksinasi ibu hamil sebagai upaya kita dalam mengurangi risiko terpapar COVID-19 kepada mereka. Dan kepada para ibu hamil, 14 hari sebelum Hari Perkiraan Lahiran (HPL) agar tidak keluar rumah atau dikarantina. Ini agar si ibu hamil ini dipastikan tidak kontak dengan orang lain,” ungkapnya.

Lanjut Gunadi untuk AKB di Brebes, jumlahnya mencapai 147 kasus. Namun, terkait jumlah AKB yang begitu tinggi tersebut belum ada kaitannya dengan pandemi  Covid 19.

“Dari 147 bayi yang meninggal sejak awal tahun 2021, belum ada kepastian apakah ada faktor bayi yang meninggal karena terkonfirmasi positif Corona atau ada faktor lainnya,” pungkasnya. - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top