Cloud Hosting Indonesia

Selasa, Agustus 17

Bumdes Bersama Wilayah Timur Pemalang Laksanakan Upacara HUT RI ke 76

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) bagian timur, diantaranya BUMDesma Rukun Makmur, BUMDesma Mandiri Sejahtera, dan BUMDesma Bodeh Jaya, menggelar upacara bendera di belakang Pos Polisi Blandong, Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal. Inspektur upacara dipimpin oleh Direktur Utama BUMDesma Rukun Makmur, Sardiyan, Selasa (17/8/21).

Turut hadir dalam upacara tersebut, Muspika Comal, karyawan BUMDes bersama, tukang becak, dan kelompok senam.

Dirut BUMDesma Rukun Makmur, Sardiyan mengatakan walaupun situasi yang sulit dimasa pandemi Covid-19, namun forum BUMDes bersama wilayah timur berinisiatif untuk mengadakan upacara Kemerdekaan Indonesia secara sederhana dengan menerapkan Protokoler Kesehatan (Prokes) secara ketat.

"Secara umum kegiatan upacara memang ditiadakan. Itu ada surat edaran yang tidak diperbolehkan, upacara hanya dilakukan secara virtual," kata Sardiyan usai upacara.

Menurutnya, forum BUMDes bersama bagian timur memang sebelumnya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Pihaknya pun mengajak sekelompok tukang becak untuk memperingati upacara hari Kemerdekaan. Hal itu sebagai momen sejarah yang harus diperingati sebagai bentuk rasa syukur kepada para pejuang dan leluhur kita yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya.

"Kami rasa kurang afdol apabila upacara ini ditiadakan. Semalam saat duduk bareng di pingir jalan kami ajak para sedulur tukang becak untuk mengikuti Upacara Kemerdekaan secara sederhana. Walaupun sederhana tapi hikmat dan khusu'nya yang kita dapatkan," terangnya.

Sementara Casmito yang sehari-harinya berprofesi sebagai tukang becak mengaku bangga bisa mengikuti Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar oleh gabungan tiga BUMDesma tersebut. Meski prosesi upacara itu digelar secara sederhana, namun dirinya merasa sangat senang.

"Walaupun masih dalam suasana Pandemi tetap saya bisa melaksanakan upacara memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 ini," tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Comal, Fauzan turut memberikan apresiasi kepada gabungan BUMDes bersama bagian timur dalam memperingati Hari Kemerdekaan ini dengan menggelar upacara dan mengajak tukang becak sebagai pesertanya. Menurutnya adanya anjuran larangan untuk tidak mengadakan upacara itu karena dapat menimbulkan kerumunan.

"Ini sebagai pembangkit rasa nasionalisme para tukang becak yang sangat luar biasa dan kita dari Muspika Kecamatan Comal sudah memonitor langsung untuk prokesnya. Untuk peserta pun harus jaga jarak dengan merentangkan tangan, bukan lencang kanan ataupun setengah lencang kanan," tandasnya.  
(Sasongko)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top