Cloud Hosting Indonesia

Senin, Agustus 23

Banyak Warga Yang Tidak Terima Bantuan Kemesos Diminta Revisi Data Penerima Bantuan Terdampak Pandemi Covid 19 Yang Belum Valid

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Perpanjangan PPKM Darurat 4 Pemerintah pusat  diharapkan terus menggulirkan berbagai program bantuan sosial agar masyarakat bisa terus bertahan di tengah kondisi yang sulit saat pandemi ini.

Hal teraebut dikatakan  Masduki, selaku Kepala Desa (Kades) Ragatunjung, Kecamatan  Paguyangan, Kaubupaten Brebes saat kegiatan  pembagian bantuan beras dari Perum Bulog regional Jawa Tengah di Aula kantor desa setempat, Senin (23/8).

Tampak kegiatan pembagian bantuan tersebut sejumlah  476 keluarga penerima manfaat  (KPM)  yang terdata secara bergantian dipanggil untuk menerima bantuan guna mengurangi kerumunan dan berlangsung tertib dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).  

Masduki mengatakan pihaknya mengusulkan agar nama penerima bantuan BST dan PKH yang sudah terdata di Kementerian Sosial (Kemensos) RI perlu adanya direvisi ulang karena, nama nama yang terdaftar itu bukan merupakan usulan baru

"Padahal kondisi warga saat ini pada umumnya  telah terjadi perubahan ekonomi sosial, sehingga terjadi, yang mampu terus mendapatkan bantuan sosial, sedangkan  sebagian masyarakat yang tidak mampu tidak mendapatkan bantuan, " katanya.

Dikatakan Masduki kondisi tersebut tidak hanya terjadi di desanya tetapi hampir di semua Desa di Kecamatan Paguyangan 

Masduki, pihaknya merasa miris dan prihatin hari ini telah menerima kedatangan 4 warga  miskin sesuai kreteria yang seharusnya mereka  sangat pantas dan berhak menerima bantuan namun mereka tidak terdaftar pada data penerima di Kemensos RI mereka tidak menerima bantuan sedangkan pada data yang ada beberapa KK yang notabene kreteria ekonominya jauh lebih mapan/mampu mereka rutin mendapat bantuan.

Dijelaskan Masduki Pemdes Ragatunjung telah mendata warganya yang terdampak pandemi Covid 19 sesuai kreteria ada sejumlah 800 KK namun yang mendapat bantuan hanya sejumlah 476 KK sesuai data dari Kemensos.

Lanjut Masduki Pemdes Ragatunjung hanya sekedar mendapat kewenangan untuk menyalurkannya kepada  KPM. sesuai data nama yang turun dari Kemensos saja 

Dalam bantuan saat kondisi PPKM ini sebenarnya ada beberapa warga miskin yang seharusnya berhak untuk  mendapatkan bantuan, tetapi tidak terdaftar dalam Kementrian Sosial RI.

"Sehingga mereka tidak menerima bantuan terdampak pandemi Covid 19 agar ada pemecahan  untuk menemukan titik temu yang baik  agar mereka  menemukan rasa keadilan khususnya masyarakat  desa kami yang  kreterianya mayoritas miskin dan terdampak pandemi Covid 19 sehingga Kemensos perlu adanya pendataan lama tersebut agar bisa direvisi/diperbarui," pungkasnya - (dun/imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top