Cloud Hosting Indonesia

Selasa, Juli 27

Wabup Brebes Minta Program Kegiatan KKN Tak Hanya Indah Pada Konsep Saja Namun Harus Dapat Direalisasikan Dengan Nyata dan Benar Memberikan Perubahan Dalam Masyarakat


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES  - Sejumlah 460 Mahasiswa Universitas Pancasakti (UPS) diterjunkan ke Brebes dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Mereka bakal membantu edukasi, promosi dan sosialisasi Protokol Kesehatan  (Prokes) kepada masyarakat Kabupaten Brebes. Mereka diserahkan Wakil Rektor 2 UPS Tegal Purwo Susongko kepada Wakil Bupati Brebes Narjo  melalui zoom metting di ruang rapat Wakil Bupati Brebes, Senin (26/7) kemarin.


Baca juga : Wabup Brebes Minta Program Kegiatan KKN Tak Hanya Indah Pada Konsep Saja Namun Harus Dapat Direalisasikan Dengan Nyata dan Benar Memberikan Perubahan Dalam Masyarakat


Baca juga : Gandeng Mahasiswa dan Gereja, Polsek Bumiayu Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak PPKM Darurat


Narjo  mengatakan pihaknya menaruh harapan besar kepada Mahasiswa UPS yang diterjunkan bisa memberi manfaat kepada masyarakat terutama dalam turut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Meskipun pelaksanaan KKN tahun ini berbeda, karena dalam pandemi Covid-19, namun Narjo yakin para mahasiswa tetap semangat menjalankan kegiatan KKN.


Narjo juga berharap mahasiswa menjadi pelopor dan garda depan dalam penerapan protokol kesehatan. Mampu berkontribusi nyata dalam membantu pemerintah dan masyarakat di saat pandemi covid-19. Diketahui, banyak masyarakat yang terdampak Covid-19, diantaranya menurunnya pendapatan di sektor ekonomi.


“Adik-adik mahasiswa, dapat memberikan program pemberdayaan masyarakat yang bisa menambah nilai ekonomi,” pesan Narjo.


Lanjut Narjo terkait program kegiatan, pijaknya berharap mahasiswa tidak menyusun program kegiatan KKN hanya indah di konsep saja. Tetapi harus dapat direalisasikan secara nyata dan benar-benar memberikan perubahan dalam masyarakat.


“Ingat 5 C, yakni cepat mengetahui, cepat belajar, cepat mengerti, cepat memutuskan dan cepat mengambil tindakan,” tandasnya.


Cepat dan tanggap dalam memetakan potensi dan juga permasalahan, dan juga cepat menyesuaikan diri dengan adat istiadat dan norma masyarakat setempat. Sehingga dapat melakukan   pendekatan   yang   simpatik, serta jadikanlah warga masyarakat sebagai sumber ilmu, sumber data dan informasi, karena itu, buatlah pola komunikasi dari hati ke hati dalam alur silaturahmi yang hangat, sehingga lebih menjanjikan keberhasilan.


“Saya juga berpesan kepada adik-adik mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat agar selalu berhati-hati. Kita harus waspada, namun tidak panik. Kita tidak pernah tau siapa-siapa yang menularkan virus, karena bisa saja kita berinteraksi dengan orang tanpa gejala. Untuk itu, jangan lupa selalu menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar, berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan sering melakukan cuci tangan pakai sabun dan juga selalu jaga jarak,” pungkas Narjo.


Sementara Wakil Rektor 2 Bidang Akademik UPS Tegal Purwo Susongko mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes yang membantu UPS. Utamanya, di dalam penyelenggaraan pendidikan yang dibuktikan dengan menerima mahasiswa dalam melaksanakan KKN.


“Untuk tahun ini tema KKN adalah “Daya Sakti Lawan Covid-19”, ujar Purwo.


Menurut Purwo, dalam KKN ini pihaknya memfokuskan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu mahasiswa KKN agar bisa menjadi fasilitator atau pendamping suksesnya program vaksinisasi Covid-19.


Hadir pada acara tersebut Kabag Perekonomian Setda BreFarikhah, Kabag Organisasi Setda Brebes Julining Pirulla Dewi, Sekertaris Baperlitbanda Brebes Dirwanto.(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top