Cloud Hosting Indonesia

Senin, Juli 19

Petani Jahe Merah Di Desa Plompong Sirampog Siap Ciptakan Pola Satu Hari Tanam Satu Hari Panen Dengan Sistem Organik


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES -  Bagi kebanyakan orang,  mengkonsumsi makanan yang sehat dengan kandungan gizi yang terjaga tanpa bahan obat  kimia sehingga menjadi pilihan warga untuk membudidaya tanaman komoditas jahe merah dengan sistem organik.


Kepala Desa Plompong Kabupaten Brebes Suyanto mengatakan Kecamatan Sirampog selain dikenal dengan varietas padi beras hitam juga tiap wilayah desa termasuk diwilayahnya sebagian warganya membudidaya tanaman jahe merah, ungkap Suyanto saat di ruang kerjanya,  Senin (19/7).


Slamet (45) salah satu warga desa Plompong yang sudah lima tahun membudidaya tanaman jahe merah yang  konsisten menggunakan sistem tanam organik dengan berfokus menanam komoditas Jahe merah yang cocok dengan tekstur tanah di wilayahnya.



Slamet mengatakan komoditas jahe merah dipasaran dibutuhkan dalam dunia kesehatan, hal itulah  terpikir untuk menggeluti menanam jahe merah dengan sistem organik.


"Jahe merah cenderung untuk bahan kesehatan badan manakala dibudayakan dengan sisrem organik akan menghasilkan kualitas yang lebih baik dalam menunjang kesehatan manusia," katanya.


Dikatakan Slamet pihaknya merasa prihatin melihat banyaknya asupan makanan  yang dikonsumsi masyarakat telah terkontaminasi oleh bahan kimia bahkan masyarakat sendiri tidak mrngetahui takaran dosis yang ada pada makanan yang dikonsumsi.


Menurut Slamet perbedaan tanaman organik dengan non organik  bisa terlihat pada volume bentuknya. Tanaman organik cenderung tidak terlalu besar ukuran maupun bentuknya dibandingkan dengan tanaman non organik dan secara rasanya juga berbeda tanaman organik kandungan gizinya lebih baik pasalnya tidak terkontaminasi oleh cairan kimia sehingga apabila dikonsumsi akan lebih terjaga bagi kesehatan tubuh manusia.


Selain itu kepadatan rimpang jahe  seratnya lebih bagus dibandingkan dengan yang sudah bercampur dengan pupuk yang mengandung bahan kimia.


"Untuk perbandingan masa panen tanaman organik relarif lebih lama dengan selisih waktu  sekitar satu sampai dua minggu dari tanaman non organik," ungkapnya.


Lanjut Slamet untuk nutrisi yang digunakan dalam perawatan jahe merah sangat sederhana yakni dengan menggunakan bahan bahan yang ada di sekitar lingkungan.


"Guna memperbanyak kapasitas hasil panen dirinya sedang mencoba menggunakan pola sehari tanam sehari panen guna menambah perekonomian keluarganya," pungkas Slamet - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top