Cloud Hosting Indonesia

Sabtu, Juli 3

Pengecekan Pekerjaan TMMD Sengkuyung Brebes di Ciputih Salem

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Kasiter Korem 071 Wijayakusuma, Letkol Infanteri Edi Lallo, melakukan kunjungan kerja di lokasi TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0713 Brebes di Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

 

Disampaikan Letkol Edi Lallo, tujuan kedatangannya adalah asistensi Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, untuk mengecek sejauh mana pelaksanaan kegiatan TMMD itu. Sabtu (3/7/2021).

 

“Kita lihat sendiri disini, masyarakat Desa Ciputih dan segenap Ormas di Kecamatan Salem, sangat antusias membantu pekerjaan TNI sehingga kualitas pekerjaan memuaskan. Disini tak kurang 50 warga sehari ikut gotong-royong,” ujarnya.

 


Menurutnya infrastruktur yang sedang dibangun di Dusun Sondai yaitu makadam sepanjang 1,3 kilometer lebar 4 meter sudah tercapai 60%, sedangkan waktu sisa pelaksanaan masih 11 hari lagi hingga tanggal 14 Juli 2021 nanti (penutupan TMMD). Untuk sisa waktu itu akan digunakan untuk mengejar pekerjaan rabat beton sepanjang 50 meter lebar 4 meter (0%).

 

Begitu juga dengan sasaran fisik yang telah rampung yaitu pekerjaan rabat beton 190 meter lebar 3 meter, rabat beton 70 meter lebar 4 meter, plat duiker 1,5 x 0,6 meter, dan renovasi jembatan 7x3 meter.

 

Selain sasaran tersebut, sasaran tambahan berupa rehab 5 unit rumah warga kurang mampu (rehab RTLH), kini sudah tuntas semua dan hasilnya langsung dapat dinikmati para pemiliknya. Pun dengan renovasi 2 unit pos kamling di Dusun Sondai dan di Dusun Tangeran, diharapkannya akan lebih memotivasi warga untuk lebih menghidupkan ronda malam demi kondusifitas Kamtibmas.

 

Akses jalan antar dusun itu benar-benar akan membuka babak baru bagi perekonomian warga yang mayoritas sebagai petani, yakni kemudahan transportasi hasil bumi maupun murahnya ongkos biaya angkut panen.

 

Selain sebagai Jalan Usaha Tani (JUT), jalan makadam dan rabat beton itu juga nantinya bisa digunakan sebagai jalur alternatif jika jalan aspal kabupaten di tepi Sungai Cigunung sebagai penghubung Desa Ciputih, Gandoang, dan Kadu Manis, longsor akibat tergerus aliran sungai.

 

“Kita minta agar seluruh pekerjaan di TMMD Sengkuyung di Desa Ciputih ini dilaksanakan tepat waktu sehingga hasil-hasilnya dapat segera dirasakan manfaatnya oleh warga,” tandasnya.

 

Kepala Desa Ciputih, Slamet Becho, menyatakan bahwa untuk pengerahan warganya tidak menemui kendala, bahkan warga yang RT nya mendapatkan giliran, mereka dengan sukarela membawa makanan minimal 2 bungkus setiap harinya.

 

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemda, TNI-Polri, dan kawan-kawan Ormas di Kecamatan Salem, karena jalan itu memang sangat dibutuhkan warga khususnya sebagai akses pertanian,” bebernya.

 

Ia juga menyatakan bahwa, kegiatan non fisik di TMMD berupa penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan-pelatihan, sangat sesuai dengan kebutuhan warganya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, sadar hukum, kesehatan, pendidikan, bencana alam, bahaya kebakaran, serta meningkatkan hasil pertanian, perikanan, dan peternakan.

 

Slamet Becho pun meminta kepada Dandim Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan yang ikut mendampingi Kasiter, agar TMMD selanjutnya jatuh ke tangan desanya yang masih banyak membutuhkan peningkatan infrastruktur dan fasilitas umum masyarakat. (*)


Editor : imam

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top