Cloud Hosting Indonesia

Jumat, Juli 16

Pemuda Desa Karangpari Jual Babi Hutan Untuk Pembangunan Sarana Olah Raga

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kawasan hutan Pinus Cilimus KRPH Telaga, BKPH Bantarkawung, KPH Pekalongan Barat yang terletak di wilayah Desa Karangpari, Kecamatan Bantarkawung  Kabupaten Brebes, merupakan kawasan hutan yang banyak babi hutannya.

 Hal tersebut dimanfaatkan oleh sebagian pemuda untuk berburu dan memafaatkan hasil penjualanya untuk pembangunan sarana olah raga.

Rohimi (40) selaku ketua koordinator tim pemburu asal Desa Karangpari mengatakan kegiatan perburuan mereka dilakukan setiap satu minggu sekali dengan melibatkan sekitar 45 orang anggota, 25 dari Dukuh Karangpari serta 20 orang lagi dari Dukuh Cilimus Desa KarangpariKarangpari. "Mereka membentuk beberapa kelompok tim dalam melakukan perburuan," kata Rohimi usai berburu di lokasi, Kamis (15/7).

Dikatakan Rohimi, perburuan biasa kami lakukan di hutan dan perkebunan milik warga yang resah akan hama babi hutan, dengan dibantu sekitar 30 ekor anjing peliharaannya yang terlatih serta perlengkapan senjata rajam seperti tombak, pedang dan golok.

Tampak Rohimi memamerkan dua ekor babi hutan hasil tangkapan mereka, sambil menerangkan uang hasil penjualan nantinya akan digunkan untuk pengadaan sarana olah raga di desanya.

"Babi hasil buruan biasanya kami jual dan uangnya kami gunakan untuk biaya pengadaan sarana olah raga," ujar Rohimi.

Rohimi menuturkan, tidak semua babi hutan bisa kami jual tentunya hanya yang tertangkap hidup - hidup saja yang laku di pasaran."Yang mati terbunuh kami manfaatkan untuk pakan anjing pemburu peliharaan kami," ujarnya.

Hal yang sama dikatakan rekan perburuannya Agus (45) warga setempat sebagian masyarakat disini kegiatan berburu babi hutan  yang dilakukan secara rutin sudah lama  dilakukan pasalnya babi hutan tersebut kerapkali merusak lahan pertanian maupun perkebunan warga.

Lanjut Agus selain untuk membantu warga dari serangan hewan liar itu hasil buruannya yang masih hidup kita jual untuk keperluan kegiatan masyarakat."Khususnya pemuda setempat  seperti pengadaan sarana olah raga maupun lainnya," pungkas Agus - (yayan/dun)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top