Cloud Hosting Indonesia

Senin, Juli 19

Pemdes Plompong Berharap Proyek Jembatan Plompong Bisa Melibatkan Warganya Sebagai Tenaga Kerja


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemdes Plompong, Kecamatan Sirampog, Kabupaten  Brebes berharap  rencana pembangunan jembatan Plompong di wilayah desanya agar  melibatkan masyarakat desa setempat untuk bisa diperdayakan sebagai tenaga kerjanya.


Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Plompong Suyanto  melalui Sekdes Darto Akhmad saat ditemui di ruang kerjanya  Senin (19/7).


Darto mengatakan  ditengah pandemi pandemi Covid 19 masyarakatnya mengalami kesulitan ekonomi akibat di PHK dari pekerjaannya bahkan saat ini pemerintah diberlakukan PPKM Darurat sehingga banyak yang menganggur di rumah.



Dikatakan Darto, warga masyarakat di desanya mayoritas sebagai perantau di luar daerah untuk bekerja mencari nafkah bagi keluarganya namun di tengah pandemi Covid-19 saat ini mereka banyak yang dipulangkan karena di PHK."Oleh karena itu  pihaknya berharap kepada rekanan yang mendapat proyek pembangunan Jembatan Plompong  dalam pelaksanaannya agar bisa melibatkan masyarakat setempat sehingga mereka dapat  bekerja guna meringankan beban ekonomi bagi keluarganya," ujarnya.


Lanjut Darto, selain itu Pemdes berharap pembangunan tersebut bisa terwujud pasalnya jembatan darurat yang badan jalannya lempengan kayu balok itu kondisi saat ini sangat memprihatinkan dan manakala jalan darurat tersebut putus/ambruk dihantam arus sungai maka warga masyarakat Plompong akan mengalami terisolir dalam  beraktifitas ke pusat  ibu kota Kecamatan Sirampog harus berputar melewati daerah wilayah Kecamatan Bumiayu dengan menempuh jarak yang cukup jauh.


Ditempat terpisah hal yang sama disampaikan Abi Udin aktifis di Bumiayu mengatakan Pembangunan proyek yang siap digarap tersebut khususnya proyek yang dilaksanaan di Brebes bagian selatan diantaranya revitalisasi komplek Pendopo Bumiayu dan Jembatan Plompong Sirampog  dalam situasi darurat pandemi Covid-19 berharap semua pemangku kebijakan dan pelaku usaha disektor jasa kontruksi maupun pengadaan barang dan jasa agar bisa memperdayakan masyarakat lokal maupun  melibatkan  UMKM lokal sesuai SE Bupati Brebes No. 178/2020 tentang Himbauan Pengadaan dan Bela Beli produk UMKM Kanca Dewek di Kabupaten Brebes.


Dikatakan Abi dengan melibatkan masyarakat maupun UMKM lokal, selaraskan dengan SE Bupati Brebes ini mengingat banyaknya masyarakat yang di PHK dari pekerjaannya. "Tentunya disesuaikan dengan mutu mupun kompetensinya," ujar Abi.


"Siapapun pemenang  tender/proyek baik secara lelang maupun penunjukan langsung  harus disesuaikan dengan standar mutu yang sudah ditentukan. sehingga hasilnya dapat diharapkan oleh masyarakat, " tandasnya.


Sementara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) tahun 2021 ini segera melanjutkan pembangunan jembatan di Desa Plompong Kecamatan Sirampog.


Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu, jembatan itu putus lantaran diterjang bencana alam berupa banjir disertai material batu di sungai Keruh.


Anggaran Rp 11 miliar lebih yang digelontorkan dari APBD Kabupaten Brebes untuk proyek tersebut diharapkan menjawab aspirasi masyarakat yang selama ini menunggu realisasi pembangunan jembatan Plompong yang merupakan sarana penghubung  vital bagi masyarakat didua wilayah Kecamatan Sirampog  dan Paguyangan - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top