Cloud Hosting Indonesia

Sabtu, Juli 10

Keberadaan PPID Guna Menjamin Pemenuhan Hak Masyarakat Desa Untuk Memperoleh Akses Informasi Publik

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, diharapkan untuk segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa untuk mempermudah layanan informasi publik.

Hal itu disampaikan H. Abdul Mukhit selaku Ketua Paguyuban Kades se Tonjong  saat memaparkan sosialisasi PPID di Auala Kantor Desa Karangjongkeng, Jum'at (9/7) kemarin.

Menurut Abdul Mukhit  pembentukan PPID Desa itu harus segera dilakukan salah satunya untuk menjamin pemenuhan hak masyarakat desa dalam memperoleh akses informasi publik des sesuai Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa.

“Jadi menurut saya tidak ada alasan bagi Pemdes untuk tidak memberikan dan menutup informasi publik yang di mohonkan oleh pemohon, terkecuali informasi yang dikecualikan,” katanya.

Abdul Mulhit yang juga Kades Karangjongkeng   mengatakan, pihaknya akan segera merumuskan dan merancang  pembentukan PPID  di desanya.

"Pembentukan PPID Desa itu harus matang dan memiliki dasar dan atau kekuatan hukum berupa Peraturan Desa (Perdes) tentang PPID Desa," ujarnya.

Dikatakan Abdul Mulhit selain terbentuk Pemerintah Desa yang tertib administrasi, pembentukan PPID Desa juga dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Kami setuju adanya PPID Desa, karena untuk menguatkan keberadaannya tentu harus ada Perdes sebagai dasar hukumnya,” tutur Abdul Mukhit - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top