Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Pemdes Sridadi Sirampog Berupaya Mencari Lokasi Guna Pengelolaan Sampah Menjadi Nilai Ekonomi Tinggi

21/06/2021, 08:30 WIB Last Updated 2021-06-21T01:30:54Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Sampah merupakan persoalan yang kerap kali diperbincangkan masyarakat  dalam kehidupan sehari-hari pasalnya dampak yang timbul dari pembiaran sampah memang sangat dirasa oleh semua kalangan masyarakat, dari mulai mengganggu kesehatan maupun pemandangan serta menghambat aliran sungai hingga menimbulkan aroma busuk, sehingga diperlukan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.


Dengan kondisi tersebut Komunitas dan pegiat lingkungan hidup Dukuh Pengasinan, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes  menggelar giat bersihkan sampah di hulu sungai Keruh di dukuh setempat, Sabtu (19/6) kemarin.


Giat tersebut mendapat respon yang baik dari masyarakat luas, terbukti dengan tingginya antusias masyarakat yang ikut serta terlibat untuk bergabung dalam kegiatan tersebut. 


Kepala Desa (Kades)  Sridadi Sudiryo menyambut baik antusias masyarakat yang bergabung dalam giat bersihkan sampah di hulu sungai Keruh.


Menurut Sudiryo, Pemdes (Pemerintah Desa) Sridadi memang sedang memprogramkan mencari tempat yang strategis untuk penampungan sampah khusus di wilayahnya.


"Di Desa Sridadi banyak sekali tanah desa yang bisa dimanfaatkan untuk pembuangan dan pengolahan sampah, bukan hanya sekedar tempat pembuangan saja, sampah yang ada nanti dipilih kemudian diolah menjadi bahan untuk pupuk organik dan biji plastik,sehingga dari sampah ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi," kata Sudiro, Minggu (20/6).


Sudiryo  mencontohkan di Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong sampah palstik dari botol yang diolah menjadi biji plastik bisa menghasilkan rupiah dengan harga 700 ribu per kilonya.


"Kami ingin meniru seperti itu, kendalanya butuh tempat yang strategis dan tidak membuat permasalahan aroma yang berdampak pada lingkungan di sekitar lokasi penbuangan sampah tersebut," tuturnya.


Sementara perwakilan dari Bumiayu Raya, Suswoyo mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan ini dengan harapan di desa manapun bisa mendukung gerakan tersebut  paling tidak kedepan  menjadi agenda triwulanan - (imam)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Sridadi Sirampog Berupaya Mencari Lokasi Guna Pengelolaan Sampah Menjadi Nilai Ekonomi Tinggi

Terkini Lainnya

Iklan