Cloud Hosting Indonesia

Selasa, Juni 29

Pasar Tradisional di Brebes Sehari dalam Sepekan Ditutup dan Jam Buka Dibatasi

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag)  memberlakukan pembatasan jam buka dan penutupan pasar sehari dalam sepekan.

Kepala Bidang Perdagangan Dinkopundag Brebes, Maryono, pembatasan jam buka diberlakukan pada daerah zona merah Covid -19, sehingga jam operasional pasar tradisional di Kabupaten Brebes hanya buka sampai pukul 14.00 WIB.

Ia menambahkan, pasar tradisional ini juga diminta tutup satu hari dalam seminggu untuk dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

“Selama jam buka atau operasional, perketat protokol kesehatan (Prokes),” katanya, Selasa (29/6).

Dikatakan Maryono pihaknya bersama Satpol PP dengan melibatkan Polri/TNI mengantisipasi potensi kerumunan yang mungkin terjadi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

“Dilakukan upaya antisipasi dan pencegahan kerumunan pada kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, pasar, pusat perbelanjaan/mall yang melanggar prokes Covid-19,” ujar Maryono.

Selama pemberlakuan perpanjangan PPKM Mikro dari 22 Juni sampai 5 Juli, lanjut dia, setiap Kepala Pasar berkewajiban untuk meningkatkan pelaksanaan prokes secara lebih ketat. Termasuk di lingkungan pasar rakyat dengan mengintensifkan pemakaian masker bagi pedagang, pengunjung pasar dan pengelola pasar.

Lanjut Maryono aktivitas Pedagang Kaki Lima (PKL) diperbolehkan sampai pukul 20.00 WIB, dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas yang ada, dengan menerapkan prokes secara ketat tapi manakala aktivitas PKL dipandang dapat mengancam adanya  penyebaran Covid-19, maka dilakukan penutupan sementara.

“Memang pada prinsipnya kegiatan ekonomi harus tetap jalan, namun kami tetap meningkatkan prokes dengan lebih ketat dan disiplin. Bagi seluruh pedagang dan pengunjung diwajib untuk menggunakan masker,” tutur Maryono - (imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top