Iklan

Iklan

iklan

Iklan

terkini

Bupati Brebes Terkesan Hewan Sapi Dengan Bobot Hampir 1 Ton Hasil Budidaya KTT Bina Umat Sridadi Sirampog

18/06/2021, 13:53 WIB Last Updated 2021-06-18T06:53:55Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Bupati Brebes, Idza Priyanti, mengapresiasi dan terkesan pada peternak sapi jumbo jenis Simental Limosin dan Carolise di Kelompok Tani Ternak (KTT) Bina Umat Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog yang dapat memelihara dan membudidayakan sapi  yang beratnya di atas 800 kilogram.

“Kami  menyampaikan apresiasi kepada petani ternak sapi di Desa Sridadi  yang telah menerima  bantuan modal untuk membudidaya sapi  dalam persiapan kebutuhan melaksanakan kurban keluarga,” kata Idza baru-baru ini.

Idza merasa sangat  bangga kepada petani ternak tersebut pasalnya dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19, mereka bisa bertahan dan justru dapat meningkatkan ekonomi warga di sekitarnya. Idza pun akan mengambil sapi yang dititipkan di peternak tersebut saat mendekati hari raya Idul Adha pada 20 Juli mendatang.

“Saya titipkan dulu di peternak. Nanti diambil pada saat mendekati hari raya kurban,” ucap Idza.

Sementara  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, drh. Ismu Subroto yang mendampingi Idza, mengatakan, ada sekitar 164 ekor sapi jumbo yang dipelihara di kelompok ternak Desa Sridadi.

Dikatakan Ismu hewan  sapi yang dipelihara oleh  KTT Bina Umat mayoritas jenis kelamin pejantan karena akan digunakan untuk hewan qurban setiap tahunnya.

“Ini tentu sangat membanggakan selain Brebes punya sapi lokal Jabres juga berkembang sapi hasil IB para Inseminator. Sehingga menjadikan populasi ternak di Kabupaten Brebes semakin meningkat, dan  
Bupati Brebes yang menitipkan modal kepada KTT Bina Uma untuk membudidaya hewan sapi  yang nantinya sapi akan diambil  disaat menjelang hari Raya Idul Adha sebagai hewan  keperluan korban," ujar Ismu.

Ismu menerangkan terkait harga rata-rata satu ekor sapi dengan berat di atas satu ton bisa mencapai di atas Rp 60 juta. Sapi tersebut adalah sapi lokal Brebes, sehingga bupati memberikan apresiasi dan terkesan.

Diterangkan  Ismu, selain di Desa Sridadi yang membudidaya sapi dengan berat di atas satu ton juga ada di kelompok ternak Desa Indrajaya Kecamatan Salem,” terang Ismu

Lanjut Ismu, untuk pengembangan ternak sapi di Brebes menggunakan teknologi Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik. Metode itu merupakan cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina menggunakan metode dan alat insemination gun.

Sedangkan tujuan IB di antaranya untuk memperbaiki mutu genetika ternak dan tidak harus pejantan namun betinapun  untuk dibawa ke tempat yang dibutuhkan guna mengurangi biaya. sehingga bisa mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul secara lebih luas dalam jangka waktu yang lebih lama; dan meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur.

“Di Kabupaten Brebes di tiap kecamatan yang khusus tidak ada pengembangan sapi Jabres itu sudah ada IB. IB ini bisa mengatur jarak kelahiran ternak dengan baik,” pungkasnya.(tata)

Editor : imam
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Brebes Terkesan Hewan Sapi Dengan Bobot Hampir 1 Ton Hasil Budidaya KTT Bina Umat Sridadi Sirampog

Terkini Lainnya

Iklan