Cloud Hosting Indonesia

Jumat, Mei 14

Lukman Hakim : Maknai Idul Fitri Ditengah Pandemi Covid 19 Bisa Mempertajam Spiritualitas Ruh Penghayatan Pribadi Kita

Kades Wanatirta Lukman Hakim

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES  - Pengertian Idul Fitri memiliki arti penting bagi umat Islam di dunia dalam merayakan usainya puasa Ramadan satu bulan penuh. Di Indonesia makna Idul Fitri diserap dan diselaraskan bersama budaya yang ada diantaranya mudik lebaran.


Kepala Desa (Kades) Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Lukman Hakim dalam memaknai Idul Fitri yang disambut dengan penuh suka cita dengan  menggemakan takbir."Idul Fitri tak hanya sekadar kembali pada yang suci  namun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kemenangan besar yang diperoleh setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan," kata Lukman usai sholat Id, Kamis (13/5) kemarin.


Dikatakan Lukman, dua kali sudah perayaan Hari Raya Idul Fitri dirayakan umat Islam di tengah pandemi Covid-19 saat ini,  namun momen Idul Fitri atau lebaran biasanya dimanfaatkan untuk saling memaafkan dan berkumpul dengan keluarga. "Akan tetapi, di tengah pandemi virus corona yang melanda dunia, berbeda dengan perayaan sebelumnya, hal ini memaksa semua orang untuk tetap di rumah, meminimalisir pertemuan dan mobilitas, sehingga tidak bisa merayakan lebaran seperti dalam kondisi normal," ujarnya.


Menurut Lukman, pandemi Covid 19 yang masih berlangsung ini pemerintah telah melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik dengan penyekatan jalan bahkan diminta untuk putar balik. Semua yang dilakukan ini guna pencegahan pandemi covid 19.


Lanjut Lukman, perayaan hari idul Fitri ditengah pandemi Covid-19  ini bisa jadi merupakan cara untuk mengingatkan umat Islam agar memperkuat/memperdalam spiritualitas ruh atau penghayatan pribadi.


"Di tengah pandemi ini, seharusnya bisa dipertajam, dengan beribadah secara spiritualitas yang tinggi, dengan harapan masyarakat tetap ikuti protokol kesehatan," pungkasnya.(imam)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top