Cloud Hosting Indonesia

Kamis, Mei 6

DPKH Upayakan Peningkatan Jumlah Populasi Sapi Jabres Di Kabupaten Brebes


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dalam rangka meningkatkan jumlah populasi sapi lokal Jawa Brebes (Jabres) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes gelar workshop bersama peternak dan Pemerintah desa (Pemdes) dua wilayah Kecamatan (Bantarkawund dan Salem) di Aula Kecamatan Bantarkawung, Rabu (5/5).


Berdasarkan pemantauan DPKH dalam beberapa tahun belakangan, jumlah populasi sapi Jabres mengalami penurunan yang sangat memprihatinkan. Jumlah tersebut terhitung tidak lebih dari  10 ribu ekor sapi Jabres totalnya se - kabupaten.



DPKH melalui Kabid Ir Gunanto menjelaskan upaya meningkatkan populasi sapi Jabres sangatlah penting dan harus disegerakan. Hal tersebut harus dilakukan bersama - sama tentunya dengan melibatkan berbagiai unsur baik peternak, Pemerintah Desa (Pemdes)  , pemcam dan DPKH itu sendiri sebagai pemantau.


Dijelaskan Gunarto berbagai mekanisme terobosan diantaranya melakukan optimalisasi budidaya melalui penyelidikan, pemantauan, serta penjagaan dari ganguan penyakit yang mengakibatkan kematian.


"Untuk memberikan rasa aman bagi para peternak, DPKH bekerja sama dengan Jasindo selaku pihak asuransi akan memberikan perlindungan," kata Gunarto.


Sementara Sudarso menyampaikan dari pihak Jasindo, sistim asuransi akan meluncurkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau ( AUTS/K) yang bersubsidi.


"Dengan AUTS/K Peternak akan mendapat perlindungan apabila terjadi suatu hal yang tidak diingikan seperti adanya kematian, kehilangan (pencurian) dan potong paksa (tidak bisa di tolong lagi oleh dr Hewan)," tuturnya.


Ditempat yang sama, Camat Bantarkawung Eko Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi penuh terhadap kegiatan tersebut.


Eko berharap Pemdes berperan serta aktif dalam memotipasi para peternak sehingga lebih optimal lagi dalam meningkatkan produksi populasi hewan ternaknya.


Kegiatan workshop tersebut dihadiri DPKH, Jasindo, dr. hewan, dosen peternakan, camat dan para Kades Bantarkawung dan Salem diakhiri dengan acara dialog dan diskusi bersama. (restu AP/yayan)



Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top