Cloud Hosting Indonesia

Jumat, Mei 7

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukuhkan Pokdarwis GGLC Desa Jipang Bantarkawung

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bertepatan dengan dibukanya kembali ijin oprasi semua obyek wisata, Plt Kepala Dinas (Kadin) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes Slamet Sarjono, SH, MH mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Gelis Learning Canter (GGLC) Desa Jipang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes  Kamis (6 /5) kemarin.

Berawal dari keprihatinan akan kondisi ekonomi dan angka putus sekolah yang tinggi di masyarakat, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Saburmusi Desa Jipang merintis Obyek Wisata (OW) GGLC guna meningkatkan tarap hidup dan Indeks Pendidikan Masyarakat (IPM) sekaligus memanfaatkan hutan yang memiliki potensi luar biasa.

Estu Susilo selaku penggagas  menjelaskan OW GGLC  merupakan terobosan  penanggulangan kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan, untuk itu GGLC menghadirkan wisata alam  yang menyedikan tempat untuk belajar.

Dijelaskan Estu Program pendidikan yang ada di GGLC diantaranya  pendidikan paket B untuk SMP/SLTP sederajat dan pakec C untuk SMA/SLTA sederajat. 

"Kedepan GGLC juga akan mengadakan pelatihan khursus menjait sebagai pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Sementara Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes Slamet Sarjono  dalam sambutannya menyampaikan, dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini banyak obyek wisata yang mengalami penurunan pengunjung secara drastis, namun tidak menutup kemungkinan kedepan insan pariwisata akan bangkit dan memiliki progres yang cerah.

"Mulai besok semua obyek wisata akan dibuka dengan harapan ini akan menjadi langkah awal bagi GGLC untuk lebih berkembang dan semakin maju," tutur Slamet.

"Himbauan kami pengelola wisata harus tetap mengutamakan Prokes (Protokol Kesehatan), selalu memantau dan meminta pengunjung untuk selalu ingat 5M karena pandemi covid 19 masih ada," tandasnya.

Kegiatan acara pengukuhan Pokdarwis GGLC ditutup dengan penandatanganan dan penyerahan sertifikat langsung dari Kadin Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Brebes disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir baik dari Forkopincam Bantarkawung, Kades Jipang, tokoh masyarakat dan seluruh pengurus Pokdarwis GGLC diakhiri dengan acara ramah tamah.(yayan)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berita Terkini

Back to Top